Insight Articles — Nov 17, 2022

Kenapa Pas Ngeledek Semua Huruf Vokal Jadi I?

1 mins read

Share this article

Saat ngeledek orang, kita sering mengulangi ucapan orang tersebut dengan mengganti huruf vokalnya menjadi i semua. 

 

Melihat orang meniru kita adalah salah satu hal paling menyebalkan di dunia. Berdasarkan self-determination theory, walaupun orang punya kebutuhan psikologis untuk fit in, di saat yang sama orang juga butuh merasa dirinya unik[1]. Mengejek dengan meniru ucapan dan gaya bicara orang menjadi ancaman identitas bagi banyak orang[2].

 

Kita bisa secara sadar atau nggak sadar meniru orang. Soalnya, manusia punya tendensi untuk ikut-ikutan orang di sekitarnya. Bahkan orang yang sedang menguap atau menangis saja bisa menular ke orang di sebelahnya[3].
 

Nah kalau yang sengaja meniru kemudian dipelesetin jadi huruf i semua sih, niatnya memang ingin bikin kesal saja. Biasanya ini terjadi kalau kita nggak suka dengan apa yang dikatakan orang lain, jadi kita terdorong untuk meledek ucapan orang tersebut untuk menunjukkan kita nggak menganggap omongannya serius.

 

Saking banyaknya yang begini, kebiasaan ini jadi meme dan diikuti banyak pemilik bisnis dalam mempromosikan usahanya lho. Kimi jigi pirnih bigini?

 

Reference:

[1] Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2010). Self-determination. The Corsini encyclopedia of psychology, 1-2

[2] Behavioural Sassonomics 

[3] Medium 

Share this article