Insight Articles — Nov 03, 2022

Bercandain Temen yang Lagi Telpon

1 mins read

Share this article

Kalau temen lagi telepon orang tua, gebetan, atau pacarnya, pasti ada aja yang ngeledekin:

 

“Rokoknya matiin dulu”

“Ehhh pake dulu celananya”

“Bagi dongg bir nya”

“Kancingin dulu bajunya sayang”

 

Kita memang cenderung senang meledek atau roasting teman-teman terdekat kita, biasanya ledekan ini datang dari rasa kedekatan yang sifatnya main-main.

 

Biasanya ada dua jenis ledekan: serius dan bercanda. Kalau yang bercanda biasanya gak bermaksud menyakiti, walaupun bisa aja jadi masalah kalau yang ditelpon beneran percaya. Bercanda antar teman bisa berguna untuk ngetes kekuatan hubungan, karena ledekan-ledekan ini berpotensi untuk terjadinya sakit hati atau kerugian lainnya (dalam kasus ini lawan bicara di telpon beneran mengira mereka lagi berbuat hal yang gak bener).

 

Nah ketika si teman yang diledekin menerima kerugian tersebut, ini jadi sinyal bahwa dia menghargai pertemanan kalian. Jadi rela menanggung beban/hinaan tanpa dibawa serius, malah bisa ikut tertawa karena memang merasa ini bercandaan teman aja. Makanya semakin dekat sama teman, semakin kuat persahabatan, bisa-bisa bercandaannya makin ekstrim karena tingkat toleransinya juga makin tinggi.

 

Tapi untuk melakukan ini, kita harus benar-benar sadar seberapa dekat kita dengan teman-teman kita, supaya bisa menyesuaikan cara bercandanya. Kalau ternyata cuma kita yang merasa dekat, padahal si teman biasa aja, bercanda seperti ini bisa membuat orang jadi tersinggung. Biasanya kalo temen lagi telpon, bercandaan apa lagi nih yang sering kalian denger?

 

Source: www.psychologytoday.com

 

Share this article