Insight Articles — Nov 29, 2022

Kenapa kita sering ngecek HP saat sedang sendirian?

3 mins read

Share this article

*buka hp*

*scroll TikTok lagi*

*liat-liat galeri foto*

 

Pernah ada di situasi begini nggak? Bolak balik ngecek HP pas lagi ngantri di tempat umum. Padahal nggak ada yang chat tuh dari tadi. Lagi duduk sendiri, scroll socmed sampe bosen cuma biar keliatan kayak punya kesibukan aja.

 

Sendirian di ruang publik memang seringkali dianggap socially unacceptable. Kalau lagi sendirian rasanya takut di-judge orang, takut dikira nggak punya temen atau disangka orang aneh. Licensed Mental Health Counselor GinaMarie Guarino berpendapat bahwa nyaman atau tidaknya seseorang saat sendiri cukup terlihat lho. “Orang yang nggak nyaman sendirian punya bahasa tubuh yang khas. Biasanya mereka terlihat membungkuk dan tertutup, kelihatan tidak percaya diri[1].”
 

Ada juga alasan internal yang bikin orang nggak nyaman sendirian: takut overthinking. Jadi banyak mikirin masa lalu, trus jadi mengkritik diri sendiri. Abis itu pusing soal masa depan yang gak menentu[2]. Pokoknya nggak ada habisnya deh. Akhirnya smartphone jadi “security blanket” yang memungkinkan kita untuk menghindari interaksi atau perasaan yang tidak menyenangkan[3]. Daripada bengong dan diliatin orang, mending main hp aja.

 

Kita sudah mengasosiasikan smartphone sebagai medium untuk terkoneksi; baik dengan teman, berita, hiburan, dan pengetahuan. Saat main HP, kita secara tidak langsung menunjukkan bahwa kita terkoneksi dengan orang lain walau secara virtual[4]. Padahal kita juga bisa loh belajar nyaman sendirian tanpa harus bergantung pada HP. Coba mulai dari hal sederhana:

-Makan tanpa distraksi teknologi

-Jalan sore tanpa bawa HP

-Pergi sendiri tanpa buka HP

 

Clinical Social Worker Kimberly Leitch menyarankan kita untuk lebih mindful saat ngecek HP. Kalau nggak ada alasan khusus… mending nggak usah buka. Ini bisa bantu kita supaya nggak ketergantungan sama HP[3].

 

Kamu bisa merasa nyaman tanpa HP nggak kalau lagi sendirian?


 

References:

[1] Thrillist 

[2] Better Help

[3] Talkspace 

[4] Psychology Today

Share this article