Insight Articles — Aug 29, 2022

Foto Couple Dihapus dari Feed = Udah Putus?

1 mins read

Share this article

Kalau ada pasangan yang hapus foto couple dari feed atau highlight Instagram, rata-rata akan berpikir mereka udah putus. Ini karena menghapus foto dianggap sebagai aksi simbolik yang menandakan fresh start, dimana kita mengomunikasikan secara nonverbal bahwa kita sudah single dan ready to mingle (bestlifeonline.com).
 

Tapi, banyak juga yang ragu menghapus foto mantan dari Instagram, lho. Faktanya, 43% orang Inggris menyimpan foto mantan pasangan setelah putus. Penyebabnya adalah rasa campur aduk saat menimbang apakah perlu menghapus foto atau lebih baik membiarkan aja. Di satu sisi, rasanya malas kalau ditanya kenapa foto-fotonya dihapus saat kondisi masih bersedih. Di sisi lain, melihat foto mantan menimbulkan memori negatif (dailymail.co.uk).

 

Di Indonesia, perspektifnya beragam. Banyak yang setuju menghapus foto mantan untuk menghargai perasaan pasangan baru, tapi banyak juga yang menganggap masa lalu biarlah jadi memori untuk dikenang. Bahkan, ada yang menganggap setidaknya foto mantan masih berguna untuk fungsi estetik feed Instagram. Wah, kamu setuju dengan yang mana nih?

 

Polling on @wonderwhy.insights Instagram Story, August 28, 2022

 

Sebenarnya, nggak ada pendapat yang salah atau benar. Menurut relationship coach Samantha Burns, semuanya tergantung ke reaksi yang kamu rasakan saat melihat foto-foto itu. Kalau melihat foto mantan mengingatkan kita ke memori bahagia, kamu boleh saja membiarkan foto-fotonya untuk kenangan. Tapi kalau memorinya cenderung mengarah ke perasaan negatif, misalnya pada hubungan yang toxic, lebih baik dihapus saja. Kamu juga bisa menyeleksi foto-foto sehingga menyisakan yang perlu dikenang saja. “Penting untuk membuat breakup boundaries,” kata Samantha Burns (elitedaily.com).
 

Yang pasti kalau kamu sudah siap untuk memulai hubungan yang baru, kamu juga harus memprioritaskan pasanganmu. Memang sih pasangan yang dewasa dan matang secara emosional akan bisa menerima fakta kamu pernah punya hubungan. Tapi, banyak orang merasa tersinggung kalau pasangannya masih menyimpan foto-foto mantan (glamour.com). Kesannya, kamu dianggap belum move on dari masa lalu. Jadi pastikan keputusannya diambil dengan mempertimbangkan perasaan pasanganmu ya!
 

Reference:

Share this article

Newsletter

Work

FAQ

Insights

News

Join The Team

Contact

Privacy Policy