Insight Articles — Jan 18, 2023

Bayi Baru Lahir Mirip Mama atau Papa?

1 mins read

Share this article

Ketika keluarga dan kerabat mengunjungi bayi yang baru lahir, banyak komentar yang mengatakan bahwa bayinya mirip dengan ayah atau ibunya. Komentar ini memang menjadi kebanggaan bagi salah satu orangtua yang dibilang mirip dengan bayinya, padahal sebenarnya wajah bayi belum berkembang secara sempurna dan masih akan berubah seiring berjalannya waktu.

 

Dilansir dari Kids Health, wajah bayi belum bisa ditentukan mirip ayah atau ibu karena struktur wajah bayi masih berubah secara signifikan dalam kurun waktu 6 bulan sampai 1 tahun! Hal ini disebabkan karena saat baru lahir, tubuh bayi masih perlu mengeluarkan cairan berlebih dan juga mengembangkan struktur tulang untuk memiliki garis-garis wajah yang tegas.
 

Mirip Berdasarkan Fakta atau Perasaan Saja?

Seorang psikolog dari Universitas California, Christenfield beserta asistennya, Emily A, melakukan penelitian untuk mengetahui kebenaran mengenai wajah bayi yang mirip ayah atau ibunya. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan 122 peserta untuk mencocokan foto wajah anak usia 1-10 tahun dengan orangtuanya. Hanya 30% yang dapat menjawab dengan benar! Melalui riset ini, Christenfield menyatakan bahwa kemiripan dari bayi dan orangtua yang biasa orang katakan biasanya hanya berdasarkan asumsi dan keinginan untuk menyenangkan hati orangtua.

 

Kalau dari sisi medis, memang seorang anak memiliki kombinasi DNA dari ayah & ibunya, tetapi tidak ada penjumlahan pasti sebanyak apa dan di bagian tubuh mana DNA tersebut akan muncul. Ditambah lagi dengan fitur wajah bayi yang terus berkembang dan berubah hingga ia menginjak umur 10 tahun.

 

Kalau menurutmu artikel ini menarik, jangan lupa untuk share ke teman dan kerabatmu juga ya!



 

References:

 

[1] CNBC Indonesia

[2] Washington Post

[3] Scientific American

[4] Parade.com 
[5] Moms.com

 

Share this article