Insight Articles — Sep 11, 2022

Reflek Lap Tangan ke Baju

1 mins read

Share this article

Ayo ngaku, siapa yang kebiasaannya ngelap tangan di baju? Abis cuci tangan ngelapnya di baju, lagi masak ngelapnya di baju. Pokoknya lupakan tisu dan serbet! Apapun kegiatannya, baju selalu jadi sasaran nomor satu.

 

Yaaa menurut Microbiologist and Germ Expert Dr. Dave Westenberg sih memang gak bahaya. Apalagi kalau kondisi tubuh kita sedang sehat dengan sistem imun yang kuat. Tapi nggak ada salahnya meminimalisir eksposur tubuh ke bakteri. Karena selain jorok, kebiasaan ini bisa menyebabkan kontaminasi silang (melmagazine.com).

 

Apalagi saat ini banyak banget penyakit yang menjadi endemi, epidemi, hingga pandemi. Pada Maret 2022, World Health Organisation sudah mengimbau untuk selalu cuci tangan yang bersih dengan sabun dan air. Metode pengeringannya memang sesuai preferensi, tapi nggak termasuk baju ya. Intelligent Facility Solutions mengingatkan bahwa metode pengeringan tangan sama pentingnya dengan metode mencuci tangan. Lebih baik keringkan tangan dengan tisu atau mesin pengering, atau bisa juga diangin-anginkan saja (twinfm.com).

 

Ini karena menurut Dr. Westenberg pakaianmu kontak langsung dengan banyak virus dan bakteri di permukaan benda lain juga di udara. Jadi mengelap tangan di baju setelah cuci tangan malah bikin tanganmu kotor lagi (melmagazine.com).

 

Apalagi kalau kamu mengelap tangan ke baju nggak hanya setelah mencuci tangan, lebih baik kamu berusaha menghilangkan kebiasaan ini. Terutama setelah ngemil, saat memasak, atau kegiatan kotor lainnya. Coba deh bayangkan nasib partikel sisa makanan atau hal kotor lain yang mengendap di pakaian kamu setelah beberapa saat. Jorok banget gak sih?

 

“Pakaian itu sekarang mengumpulkan makanan, tanah, minyak, kelembaban, dan partikel lainnya yang akan menjadi tempat berkembang biak bagi mikroba … Kemungkinan [partikel-partikel itu] akan tetap di sana sampai pakaian itu dicuci atau partikelnya pindah ke benda lain,” ujar Dr. Westenberg (melmagazine.com).

 

Kesimpulannya, lebih baik mengelap tangan di tempat yang normal-normal aja deh!

 

Reference:

 

Share this article

Newsletter

Work

FAQ

Insights

News

Join The Team

Contact

Privacy Policy