Insight Articles — Aug 22, 2022

Phone Anxiety: Takut akan Telepon

3 mins read

Share this article

Kegiatan bertelepon pastinya sudah jadi bagian dari hidup kita, tapi ternyata tidak sedikit orang yang memang tidak suka melakukan panggilan telepon, apalagi dengan orang yang tidak dikenal atau tidak terlalu dekat. Karena itu, mereka akan lebih memilih untuk berkomunikasi lewat pesan singkat atau chat saja. Kalau pun terpaksa harus telepon, rasanya perlu latihan dulu dan tarik napas panjang. Misalnya, sebelum order makanan lewat telepon harus bikin script dulu mulai dari sapaan, mau pesan apa aja, sampai gimana cara mengakhiri telepon. Atau kalau teleponnya benar-benar mendadak, pasti jadi panik dan ngomongnya jadi berantakan.

 

Rupanya kondisi ini bisa disebut phone anxiety atau telephobia, yaitu rasa takut akan percakapan telepon. Tanda-tanda orang yang punya phone anxiety biasanya akan sering menunda atau menghindari telepon karena grogi, gelisah, atau cemas. Bahkan bisa sampai mual, detak jantung meningkat, sesak napas, pusing, atau tegang pada bagian otot. Kecemasan ini dipicu oleh ketidakpastian dalam percakapan yang akan dihadapi, karena kita tidak tahu respon orang akan seperti apa, dan tidak bisa melihat ekspresinya juga.

 

Walaupun demikian, tidak semua orang yang benci telepon pasti mengalami phone anxiety. Orang-orang dengan karakter pemalu juga biasanya tidak suka ditelepon, karena merasa tidak siap dan bingung harus merespon apa. Kata psikolog Gracia Ivonika, M.Psi., “Perasaan deg-degan bisa muncul saat ditelepon. Ini karena tidak ada waktu untuk memikirkan respons yang tepat dibandingkan ketika ngobrol lewat pesan singkat.”
 

Selain itu, ada juga orang yang tidak suka ditelepon karena memang tidak sabaran, atau menganggap telepon hanya buang-buang waktu. Biasanya orang seperti ini tidak bisa menoleransi hal-hal yang memakan waktu, apalagi kalau topik pembicaraannya sebenarnya bisa disampaikan lewat pesan singkat saja.

 

Namun, terkadang bicara lewat telepon memang tidak bisa dihindari, jadi kalau kamu mengalami phone anxiety atau takut akan percakapan telepon, kamu mungkin bisa coba beberapa tips ini:

1. Pastikan lawan bicara available dan mau ditelepon

2. Siapkan catatan apa saja yang mau dibahas

3. Latihan bicara lewat voice note dulu

4. Sering-sering telepon dengan teman/keluarga, mulai dari percakapan ringan
 

Semoga informasi ini bisa membantu mengurangi phone anxiety, baik itu kamu yang mengalami atau orang-orang terdekat kamu ya!


 

Reference:

 

Share this article

Newsletter

Work

FAQ

Insights

News

Join The Team

Contact

Privacy Policy