Insight Articles — Nov 23, 2022

Kok Bawa Mie dan Sambal ke Luar Negeri?

1 mins read

Share this article

Dari sekian banyak barang yang disiapkan saat bepergian ke luar negeri, ternyata sambal dan mie instan sering ada di koper orang Indonesia.

Beberapa waktu lalu, jemaah haji dari Lamongan terpantau membawa cobek untuk membuat sambal di Arab Saudi[1]. Kecintaan orang Indonesia ke sambal memang sudah nggak perlu diragukan lagi. Istilahnya, makan belum afdol kalau nggak pakai sambal.

 

Mengutip Koki Bara Pattiradjawane, orang Indonesia punya tiga pelengkap makanan, yaitu sambal, kecap, dan kerupuk. Koki Billy Kalangi menambahkan makanan pokok orang Indonesia yang hambar (nasi) membuat kita selalu mencari tambahan rasa. Umumnya, pilihannya jatuh ke sambal yang gurih, manis, dan pedas[2].
 

Sebelumnya, ada juga orang Indonesia yang diamankan petugas bea cukai Brunei Darussalam karena membawa sekoper mie instan[3]. Lagi-lagi kita nggak bisa heran dengan kejadian ini. Saat pergi ke tempat asing, banyak orang meragukan makanan yang rasa, cara pesan, dan harganya belum diketahui. Mie instan yang rasanya familiar dengan rempah khas Indonesia, cara membuatnya yang praktis, dan harganya yang murah menjadi pilihan yang cocok untuk bekal perjalanan[4].

 

Kedua makanan yang sudah seperti makanan pokok orang Indonesia ini memang susah ditinggalkan. Yang penting, perhatikan peraturan negara yang kamu tuju ya!


 

Reference:

[1] IDN Times 

[2] Inibaru.id 

[3] Pikiran Rakyat 

[4] Kokikit

Share this article