Insight Articles — Oct 21, 2022

Apapun Keluhannya, yang Salah HP

1 mins read

Share this article

Eits, Emak nggak sepenuhnya salah! Terus menerus menatap layar HP memang bisa menyebabkan banyak efek negatif seperti mata lelah, migrain, trigger thumb atau jempol tertekuk, leher kaku, punggung pegal, mengganggu saraf, memengaruhi postur tubuh, merusak penglihatan, dan gangguan tidur[1]. Selain itu, penelitian pada Journal of Medical Studies juga menunjukkan adanya hubungan antara screen time yang lama dengan kondisi migrain pada Mahasiswa Kedokteran Jambi yang menjadi responden[2]. Migrain atau sakit kepala bisa muncul karena beberapa penyebab, misalnya paparan cahaya biru dan elektromagnetik, postur tubuh yang salah, dan kurangnya tidur[3].

 

Pada anak-anak bahkan terlalu banyak screen time juga bisa menghambat perkembangan lho! Kecanduan bermain HP bisa memicu speech delay atau terlambat bicara, kesulitan bersosialisasi, dan melemahnya otot[4].
 

Karena banyaknya dampak negatif dari kecanduan bermain HP, orangtua banyak yang jadi parno, sehingga cenderung menyalahkan HP kalau anaknya punya keluhan kesehatan. Meskipun bisa jadi benar, gak semua keluhan terjadi karena main HP. Jadi pastikan mengunjungi dokter untuk diagnosis pastinya ya!

 

 

Reference:

[1] Alodokter

[2] Hasanah, M. D., Maria, I., Iskandar, M. M., Istarini, A., & Gading, P. W. (2022). HUBUNGAN SCREEN TIME DENGAN KEJADIAN MIGRAIN PADA MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS JAMBI ANGKATAN 2018. Journal of Medical Studies2(1), 1-12.

[3] HelloSehat 

[4] Alodokter (2)

Share this article